Kelas 3
Semester 1
Standart
Kompetensi : 1. Mengamalkan makna sumpah pemuda
Kompetensi Dasar
:
1.1 Mengenal
makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
1.2
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Argumen :
Dalam SK ini sangat berkaitan sekali dengan pendidikan multikultural karena
dalam penerapan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemudah
merupakan terdapat perbedaan agama, ras, suku bangsa dan juga budaya. Karena
dalam perbedaan multikultural itu lah suatu alat pemersatu bangsa Indonesia dan
tercantum dalam makna Sumpah Penudah.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Tujuan Pembelajaran :
- Siswa
dapat mengetahui makna yang terkandung dalam isi Sumpah Pemudah
- Siswa
dapat memahami makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Siswa akan
mampu mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
- Siswa
dapat mengetahui manfaat semangat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia
- Materi Pembelajaran :
A. Pencerminaan satu nusa dan satu
bangsa
Perbedaan
bukanlah merupakan kendala bagi kita, jadikanlah perbadaan itu sebagai kekeyaan
bangsa kita, perbedaan dapat kita satukan dengan semangat persatuan dan
kesatuan.
Sumpah
Pemuda lahir pada tanggal 28 oktober 1928, yang isinya yaitu satu nusa, satu
bangsa dan satu bahasa.
Makna yang
terkandung dari isi Sumpah Pemuda: maksud bertanah air yang satu, tanah air
Indonesia yaitu meskipun bangsa Indonesia bertempat tinggal berpencar-pencar di
wilayah Indonesia, ada yang di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Papua dan sebagainya
namun merupakan satu tanah air yaitu tanah air Indonesia.
Bangsa yang
satu bangsa Indonesia maksudnya meskipun bangsa Indonesia terdiri dari beberapa
suku bangsa tetapi merupakan satu bangsa Indonesia. Suku bangsa Indonesia
misalnya suku Jawa, suku batak, suku Dayak dan sebagainya. Setiap suku bangsa
memiliki adapt kebiasaan yang berbeda
Menjunjung
bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia, maksudnya tiap daerah memiliki bahasa
daerah sendiri tetapi mereka mempunyai bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.
B. Mewujudkan rasa persatuan dan
kesatuan
Sejak
peristiwa Sumpah Pemuda para pemuda bertekad untuk mewujudkan persatuan dan
kesatuan, karena dengan bersatu bangsa Indonesia sulit dilawan dan dipatahkan
oleh penjajah dari mana pun.
Nilai-nilai
yang terkandung dalam Sumpah Pemuda antara lain :
1. nilai
persatuan;
2. nilai
kebersamaan;
3. nilai
cinta tanah air.
Semangat
persatuan dan kesatuan banyak memberiakn manfaat bagi bangsa Indonesia yaitu :
1.
mempererat hubungan kekeluargaan;
2.
terciptanya kerukunan hidup;
3. membina
rasa kesetiakawanan social;
4.
memperkokoh rasa cinta tanah air, sehingga tidak mudah dijajah oleh bangsa
lain.
Perjuagan
para tokoh Sumpah Pemuda perlu kita teladani, oleh karena itu hindari
permusuhan, ciptakan rasa persatuan dalam berbagai kegiatan agar Negara kita
utuh dan jaya untuk selama-lamanya. Untuk mengenang peristiwa bersejarah itu
maka setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah
Pemuda. Contohnya mengikuti upacara bendera dengan tertib merupakan pencerminan
sikap semangat Sumpah Pemuda.
C. Menghargai perbedaan
Bangsa
Indonesia terdiri dari berbagai macam-macam suku bangsa, ada suku Batak, suku
Jawa, suku Madura dan lain sebagainya. Dengan adanya keragaman suku bangsa,
menyebabkan parbedaan bahasa daerah, adat istiadat dan keragaman budaya
tiap-tiap daerah. Contohnya dalam keluarga Andi. Ayah Andi berasal dari
Makassar, ibunya dari jawa. Mereka tetap bisa bersatu, saling menyayangi,
menghargai, menghormati dan saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa
persatuan yaitu bahasa Indonesia.
Ada
bermacam-macam bahasa daerah yang bentuk dan cara pengucapannya sama. Namun
mempunyai arti yang berbeda. Hal tersebut sering kali dapat menimbulkan
kesalahpahaman dan terjadi kekacauan. Kita juga harus menghargai bahasa daerah
lain karena meruoakan kekayaan bahasa bangsa Indonesia, agar tercipta persatuan
dan kesatuan bangsa.
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas.
- Evaluasi : Tes tulis dan tes lisan
Soal tes
tulis :
Pengamalan
Sumpah Pemuda
NO
|
NILAI
|
PENERAPAN SEHARI-HARI
|
1.
|
Mencintai
tanah air
|
a. Menjaga
kelestarian alam
b. ………………………………….
|
2.
|
Menghargai
suku bangsa lain
|
a.
………………………………….
b.
………………………………….
|
3.
|
Menjunjung
tinggi bahasa Indonesia
|
a.
………………………………….
b.
………………………………….
|
Soal tes
lisan :
1.Hafalan
isi teks Sumpah Pemuda
2.Coba
sebutkan perbedaan-perbedaan yang ada di bangsa Indonesia !
Contoh;
daerah Jawa Timur, suku Jawa, tariannya remong, baju adapt kebaya.
Kompetensi Dasar
: 1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
- Tujuan Pembelajaran :
- Siswa
mampu mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa
mampu menerapkan pengamalan sikap yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah
Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa
dapat mengetahui contoh-contoh sikap pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
- Metode Pembelajaran :
A. Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda
1.Arti persatuan dan kesatuan
Nilai
persatuan dan kesatuan sangat penting sekali. Parsatuan dan kesatuan dapat
diartikan kumpulan bagian-bagian yang sebelumnya terpisah satu sama lain
menjadi satu. Hal itulah bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan
persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri
sendiri atau kelompok tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum tanpa harus
membeda-bedakan agama, ras dan asal suku bangsa.
2.Menerapkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda
Nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam persatuan dan kesatuan dapat diamalkan melalui berteman
baik dengan siapapun tanpa memandang martabat, kedudukan dan tidak membeda-bedakan
agama, ras dan suku bangsa baik di sekolah maupun di lingkungan rumah.
Mengembangkan sikap persatuan dan persaudaraan harus mampu menerima perbedaan
yang ada dan jadikan pedoman bahwa perbedaan tersebut adalah suatu kekayaan
budaya yang ada di bangsa Indonesia. Sikap persatuan dan persaudaraan merupakan
salah satu pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda.
Nilai-nilai
Sumpah Pemuda diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: menghormati
keragaman suku dan agama, menghargai pendapat teman lain, mengikuti upacara
dengan khidmat, menjalin persahabatan dan menjahui permusuhan.
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas
- Evaluasi : Tes tulis dan format pengamatan
Isilah kolom
di bawah ini berdasarkan pengalaman sehari-hari dalam menerapkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda! Kerjakan dengan teman sebangkumu dengan berdiskusi !
No.
|
Lingkungan
|
Perilaku
sesuai Sumpah Pemuda
|
1.
|
Keluarga
|
a.
.............................................................
b. .............................................................
c.
.............................................................
d.
.............................................................
|
2.
|
Sekolah
|
a. .............................................................
b. .............................................................
c. .............................................................
d. .............................................................
|
3.
|
Masyarakat
|
a.
............................................................
b.
.............................................................
c.
.............................................................
d. ............................................................
|
Soal tes
tulis: pilihan ganda!
1.Kita tidak
boleh mementingkan kepentingan .......
a. pribadi
b. orang
lain
c.
masyarakat
2.Kita harus
bergaul dengan taman yang ......
a. seagama
b. sedaerah
c. tidak
membeda-bedakan satu sama lain
3.Salah satu
contoh pengamalan nilai Sumpah Pemuda adalah ......
a.
menghargai pendapat orang lain
b. tidak mau
membantu teman yang sedang susah
c. tidak
mengikuti upacara bendera
Kelas 3
semester 2
Standart
Kompetensi : 4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Kompetensi Dasar
:
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia,
seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
4.2
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
Argumen :
Dalam SK ini sangat berkaitan sekali dengan pendidikan multikultural karena
dalam timbulnya rasa kebanggaan terhadap bangsa Indonesia berhubungan dengan
bangga atas keragaman budaya yang ada di Indonesia, jadi rasa bangga itu karena
keragaman budaya-budaya atau multikultural Indonesia.
Kompetensi Dasar
: 4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam,
keramahtamahan
- Tujuan Pembelajaran :
- Siswa akan
mampu mengenal kekhasan bangsa Indonesia , seperti kebhinekaan, kekayaan alam
dan keramahtamahan
- Siswa akan
memahami kekhasan bangsa Indonesia yang menjadi cerminan sikap masyarakat
Indonesia.
- Metode Pembelajaran :
A.Kebhinekaan
Wilayah
Negara Indonesia sangat luas, yaitu dari Sabang di Pulau Sumatera sampai
Merauke di Pulau Papua. Masyarakat yang mendiami pulau besar dan kecil memiliki
keanekaragaman bangsa dan budaya. Bentuk keanekaragaman masyarakat Indonesia
dapat dilihat dari perbedaan rumah adat, pakaian, lagu daerah,tarian daerah dan
sebagainya.
Meskipun
memiliki perbedaaan, bangsa Indonesia dapat hidup berdampingan. Bangsa
Indonesia hidup dalam keanekaragaman tetapi mengutamakan persatuan, sesuai
dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika.” Artinya, meskipun berbeda-beda tetapi
tetap satu jua.
Adat-istiadat
sangat erat hubungannya dengan suatu agama dan kepercayaan yang dianut
masyarakat Indonesia selain memeluk agama, sebagaian mengenal adatnya
kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
B.Kekayaan
alam
Negara
Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur dan alamnya mnyimpan berbagai
kekayaan alam. Wilayah Indonesia banyak terdapat dataran tinggi untuk
perkebunan dan tempat pariwisata. Hasil perkebunan misalnya teh, kopi,
rempah-rempah, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kekayaan lainya berupa hasil
hutan yaitu seperti rotan, kayu jati dan berbagai jenis tanaman lainnya, selain
itu juga ada berbagai jenis hewan seperti harimau, gajah, badak dan yang
lainnya. Selain itu di perairan yang merupakan kekayaan bahari juga tersimpan
sumber daya alam yang melimpah seperti berbagai jenis ikan, karang, rumput
laut, dan minyak bumi. Hasil kekayaan alam selain memenuhi kebutuhan bangsa
Indonesia sendiri juga dijual ke luar negeri. Sebagai bangsa Indonesia
sepantasnya kita bersyukur atas anugrah Tuhan Yang Maha Esa dan juga kita harus
bangga dengan berbagai keunggulan yang ada di Indonesia, kebanggaan dapat
ditunjukkan dengan mencintai tanah air, rela berkorban, rajin belajar,dan
bekerja keras untuk kemajuan bangsa dan Negara.
C.Keramahtamahan
Keramahtamahan
merupakan perilaku yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.
Keramahtamahan dapat menjalin hubungan kekeluargaan. Sikap keramahtamahan dapat
ditunjukan dengan bertegur sapa, berbicara sopan, menghormati dan membantu
orang lain. Bangsa Indonesia termasuk sebagai bangsa yang dikenal ramah.
Buktinya banyak wisatawan yang tertarik berkunjung dan betah tinggal di
Indonesia.
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas.
- Evaluasi : Tes tulis
Soal :
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini !
1.Apa arti
bhineka Tunggal Ika ?
2.Sebutkan
kekayaan alam dari laut ?
3.Mengapa
wisatawan asing betah tinggal di Indonesia ?
Kompetensi
Dasar : 4.2 Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
- Tujuan Pembelajaran :
- Siswa
dapat memahami bentuk rasa bangga sebagai bangsa Indonesia
- Siswa akan
mampu menampilkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia
- Siswa akan
dapat menanpilkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia
- Materi Pembelajaran :
Alasan dari
bangga sebagai anak bangsa Indonesia tidak hanya karena bangsa Indonesia
memiliki wilayah yang luas dan kaya sumber daya alam serta karena beranekaragam
yang dapat hidup rukun, melainkan karena mengingat perjuangan para pahlawan
yang rela berkorban harta benda dan nyawa serta jiwa raganya diserahakn demi
bangsa dan Negara Indonesia dapat meraih kemerdekaannya. Dan dalam mengisi
kemerdekaan kewajiban seorang siswa adalah rajin belajar untuk meraih cita-cita
dan juga harus disiplin. Sehingga dapt mengharumkan nama bangsa dan Negara
Indonesia. Dan sebagai warga Negara Indonesia kita juga harus bangga dengan
produk-produk buatan dalam negeri.
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas
http://arniindayanti2268.blogspot.com/2013/05/materi-pendidikan-kewarganegaraan-kelas.html
Bermanfaat sekali... ngerjain tugas jadi lebih mudah...
BalasHapusKomentar balik ke www.ilmubermanfaat.com ya ^_^
thks min sangat membantu :)
BalasHapusntap soul
BalasHapus