Materi PKn Kelas 3


Kelas 3 Semester 1
Standart Kompetensi : 1. Mengamalkan makna sumpah pemuda
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Argumen : Dalam SK ini sangat berkaitan sekali dengan pendidikan multikultural karena dalam penerapan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemudah merupakan terdapat perbedaan agama, ras, suku bangsa dan juga budaya. Karena dalam perbedaan multikultural itu lah suatu alat pemersatu bangsa Indonesia dan tercantum dalam makna Sumpah Penudah.

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
  • Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat mengetahui makna yang terkandung dalam isi Sumpah Pemudah
- Siswa dapat memahami makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Siswa akan mampu mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
- Siswa dapat mengetahui manfaat semangat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia
  • Materi Pembelajaran :
A.     Pencerminaan satu nusa dan satu bangsa
Perbedaan bukanlah merupakan kendala bagi kita, jadikanlah perbadaan itu sebagai kekeyaan bangsa kita, perbedaan dapat kita satukan dengan semangat persatuan dan kesatuan.
Sumpah Pemuda lahir pada tanggal 28 oktober 1928, yang isinya yaitu satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.
Makna yang terkandung dari isi Sumpah Pemuda: maksud bertanah air yang satu, tanah air Indonesia yaitu meskipun bangsa Indonesia bertempat tinggal berpencar-pencar di wilayah Indonesia, ada yang di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Papua dan sebagainya namun merupakan satu tanah air yaitu tanah air Indonesia.
Bangsa yang satu bangsa Indonesia maksudnya meskipun bangsa Indonesia terdiri dari beberapa suku bangsa tetapi merupakan satu bangsa Indonesia. Suku bangsa Indonesia misalnya suku Jawa, suku batak, suku Dayak dan sebagainya. Setiap suku bangsa memiliki adapt kebiasaan yang berbeda
Menjunjung bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia, maksudnya tiap daerah memiliki bahasa daerah sendiri tetapi mereka mempunyai bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.
B.     Mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan
Sejak peristiwa Sumpah Pemuda para pemuda bertekad untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, karena dengan bersatu bangsa Indonesia sulit dilawan dan dipatahkan oleh penjajah dari mana pun.
Nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda antara lain :
1. nilai persatuan;
2. nilai kebersamaan;
3. nilai cinta tanah air.
Semangat persatuan dan kesatuan banyak memberiakn manfaat bagi bangsa Indonesia yaitu :
1. mempererat hubungan kekeluargaan;
2. terciptanya kerukunan hidup;
3. membina rasa kesetiakawanan social;
4. memperkokoh rasa cinta tanah air, sehingga tidak mudah dijajah oleh bangsa lain.
Perjuagan para tokoh Sumpah Pemuda perlu kita teladani, oleh karena itu hindari permusuhan, ciptakan rasa persatuan dalam berbagai kegiatan agar Negara kita utuh dan jaya untuk selama-lamanya. Untuk mengenang peristiwa bersejarah itu maka setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda. Contohnya mengikuti upacara bendera dengan tertib merupakan pencerminan sikap semangat Sumpah Pemuda.
C.     Menghargai perbedaan
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam-macam suku bangsa, ada suku Batak, suku Jawa, suku Madura dan lain sebagainya. Dengan adanya keragaman suku bangsa, menyebabkan parbedaan bahasa daerah, adat istiadat dan keragaman budaya tiap-tiap daerah. Contohnya dalam keluarga Andi. Ayah Andi berasal dari Makassar, ibunya dari jawa. Mereka tetap bisa bersatu, saling menyayangi, menghargai, menghormati dan saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.
Ada bermacam-macam bahasa daerah yang bentuk dan cara pengucapannya sama. Namun mempunyai arti yang berbeda. Hal tersebut sering kali dapat menimbulkan kesalahpahaman dan terjadi kekacauan. Kita juga harus menghargai bahasa daerah lain karena meruoakan kekayaan bahasa bangsa Indonesia, agar tercipta persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas.
  • Evaluasi : Tes tulis dan tes lisan
Soal tes tulis :
Pengamalan Sumpah Pemuda
NO
NILAI
PENERAPAN SEHARI-HARI
1.
Mencintai tanah air
a. Menjaga kelestarian alam
b. ………………………………….
2.
Menghargai suku bangsa lain
a. ………………………………….
b. ………………………………….
3.
Menjunjung tinggi bahasa Indonesia
a. ………………………………….
b. ………………………………….
Soal tes lisan :
1.Hafalan isi teks Sumpah Pemuda
2.Coba sebutkan perbedaan-perbedaan yang ada di bangsa Indonesia !
Contoh; daerah Jawa Timur, suku Jawa, tariannya remong, baju adapt kebaya.

Kompetensi Dasar : 1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
  • Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa mampu menerapkan pengamalan sikap yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat mengetahui contoh-contoh sikap pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
  • Metode Pembelajaran :
A. Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
1.Arti persatuan dan kesatuan
Nilai persatuan dan kesatuan sangat penting sekali. Parsatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang sebelumnya terpisah satu sama lain menjadi satu. Hal itulah bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum tanpa harus membeda-bedakan agama, ras dan asal suku bangsa.
2.Menerapkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
Nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam persatuan dan kesatuan dapat diamalkan melalui berteman baik dengan siapapun tanpa memandang martabat, kedudukan dan tidak membeda-bedakan agama, ras dan suku bangsa baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Mengembangkan sikap persatuan dan persaudaraan harus mampu menerima perbedaan yang ada dan jadikan pedoman bahwa perbedaan tersebut adalah suatu kekayaan budaya yang ada di bangsa Indonesia. Sikap persatuan dan persaudaraan merupakan salah satu pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda.
Nilai-nilai Sumpah Pemuda diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: menghormati keragaman suku dan agama, menghargai pendapat teman lain, mengikuti upacara dengan khidmat, menjalin persahabatan dan menjahui permusuhan.
  • Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas
  • Evaluasi : Tes tulis dan format pengamatan
Isilah kolom di bawah ini berdasarkan pengalaman sehari-hari dalam menerapkan nilai-nilai Sumpah Pemuda! Kerjakan dengan teman sebangkumu dengan berdiskusi !
No.
Lingkungan
Perilaku sesuai Sumpah Pemuda
1.
Keluarga
a. .............................................................
b. .............................................................
c. .............................................................
d. .............................................................
2.
Sekolah
a. .............................................................
b. .............................................................
c. .............................................................
d. .............................................................
3.
Masyarakat
a. ............................................................
b. .............................................................
c. .............................................................
d. ............................................................
Soal tes tulis: pilihan ganda!
1.Kita tidak boleh mementingkan kepentingan .......
a. pribadi
b. orang lain
c. masyarakat
2.Kita harus bergaul dengan taman yang ......
a. seagama
b. sedaerah
c. tidak membeda-bedakan satu sama lain
3.Salah satu contoh pengamalan nilai Sumpah Pemuda adalah ......
a. menghargai pendapat orang lain
b. tidak mau membantu teman yang sedang susah
c. tidak mengikuti upacara bendera

Kelas 3 semester 2
Standart Kompetensi : 4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Kompetensi Dasar :
 4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
4.2 Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
Argumen : Dalam SK ini sangat berkaitan sekali dengan pendidikan multikultural karena dalam timbulnya rasa kebanggaan terhadap bangsa Indonesia berhubungan dengan bangga atas keragaman budaya yang ada di Indonesia, jadi rasa bangga itu karena keragaman budaya-budaya atau multikultural Indonesia.

Kompetensi Dasar : 4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
  • Tujuan Pembelajaran :
- Siswa akan mampu mengenal kekhasan bangsa Indonesia , seperti kebhinekaan, kekayaan alam dan keramahtamahan
- Siswa akan memahami kekhasan bangsa Indonesia yang menjadi cerminan sikap masyarakat Indonesia.
  • Metode Pembelajaran :
A.Kebhinekaan
Wilayah Negara Indonesia sangat luas, yaitu dari Sabang di Pulau Sumatera sampai Merauke di Pulau Papua. Masyarakat yang mendiami pulau besar dan kecil memiliki keanekaragaman bangsa dan budaya. Bentuk keanekaragaman masyarakat Indonesia dapat dilihat dari perbedaan rumah adat, pakaian, lagu daerah,tarian daerah dan sebagainya.
Meskipun memiliki perbedaaan, bangsa Indonesia dapat hidup berdampingan. Bangsa Indonesia hidup dalam keanekaragaman tetapi mengutamakan persatuan, sesuai dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika.” Artinya, meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
Adat-istiadat sangat erat hubungannya dengan suatu agama dan kepercayaan yang dianut masyarakat Indonesia selain memeluk agama, sebagaian mengenal adatnya kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
B.Kekayaan alam
Negara Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur dan alamnya mnyimpan berbagai kekayaan alam. Wilayah Indonesia banyak terdapat dataran tinggi untuk perkebunan dan tempat pariwisata. Hasil perkebunan misalnya teh, kopi, rempah-rempah, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kekayaan lainya berupa hasil hutan yaitu seperti rotan, kayu jati dan berbagai jenis tanaman lainnya, selain itu juga ada berbagai jenis hewan seperti harimau, gajah, badak dan yang lainnya. Selain itu di perairan yang merupakan kekayaan bahari juga tersimpan sumber daya alam yang melimpah seperti berbagai jenis ikan, karang, rumput laut, dan minyak bumi. Hasil kekayaan alam selain memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia sendiri juga dijual ke luar negeri. Sebagai bangsa Indonesia sepantasnya kita bersyukur atas anugrah Tuhan Yang Maha Esa dan juga kita harus bangga dengan berbagai keunggulan yang ada di Indonesia, kebanggaan dapat ditunjukkan dengan mencintai tanah air, rela berkorban, rajin belajar,dan bekerja keras untuk kemajuan bangsa dan Negara.
C.Keramahtamahan
Keramahtamahan merupakan perilaku yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Keramahtamahan dapat menjalin hubungan kekeluargaan. Sikap keramahtamahan dapat ditunjukan dengan bertegur sapa, berbicara sopan, menghormati dan membantu orang lain. Bangsa Indonesia termasuk sebagai bangsa yang dikenal ramah. Buktinya banyak wisatawan yang tertarik berkunjung dan betah tinggal di Indonesia.
  • Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas.
  • Evaluasi : Tes tulis
Soal :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini !
1.Apa arti bhineka Tunggal Ika ?
2.Sebutkan kekayaan alam dari laut ?
3.Mengapa wisatawan asing betah tinggal di Indonesia ?

Kompetensi Dasar : 4.2 Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
  • Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat memahami bentuk rasa bangga sebagai bangsa Indonesia
- Siswa akan mampu menampilkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia
- Siswa akan dapat menanpilkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia
  • Materi Pembelajaran :
Alasan dari bangga sebagai anak bangsa Indonesia tidak hanya karena bangsa Indonesia memiliki wilayah yang luas dan kaya sumber daya alam serta karena beranekaragam yang dapat hidup rukun, melainkan karena mengingat perjuangan para pahlawan yang rela berkorban harta benda dan nyawa serta jiwa raganya diserahakn demi bangsa dan Negara Indonesia dapat meraih kemerdekaannya. Dan dalam mengisi kemerdekaan kewajiban seorang siswa adalah rajin belajar untuk meraih cita-cita dan juga harus disiplin. Sehingga dapt mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia. Dan sebagai warga Negara Indonesia kita juga harus bangga dengan produk-produk buatan dalam negeri.
  • Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas
http://arniindayanti2268.blogspot.com/2013/05/materi-pendidikan-kewarganegaraan-kelas.html

3 komentar:

  1. Bermanfaat sekali... ngerjain tugas jadi lebih mudah...
    Komentar balik ke www.ilmubermanfaat.com ya ^_^

    BalasHapus